11 Februari 2012

Maksudmu Apa Sih, EB White?



Kutipan blogging hari ini yang nambah kerut di kening.. :)
Duh, tadi hampir mau break dari blogging, buat makan siang. Tapi ternyata notifikasi centil dari WP nongol lagi. Masalahnya, kutipannya kali ini, lagi-lagi nahan saya. EB White pengarang Charlotte's Web, bilang: "Be Obscure Clearly"

Hmm..berawal dari penasaran pingin ngecek arti 'obscure' aja, eh malah berujung ke ketidakjelasan stadium tinggi! Disitu mungkin seninya kutipan ya.. Kita boleh jadi tahu apa arti kata, tapi belum tentu paham apa maknanya dalam konteks tertentu. Seringkali saya dapati, kata-kata membantu melukiskan berbagai ide dari alam pikir, tapi dilain hal gagal mewakili maksud sesungguhnya. Disitu saya lihat keunikan bahasa manusia.

Dalam sebuah karya, kadangkala keterbatasan bahasa dan kata tersebut, membuat produksi (serangkaian) kata jadi amat kontekstual dan personal mewakili pikiran seseorang-penulis maupun bukan. Lebih jauh, personalisasi atau kontekstualisasi kata -kalau bisa saya sebut demikian- bisa saja melahirkan makna baru terhadap arti standar dan umum kata itu sendiri.

Seperti itu yang saya lihat dari apa yang dibilang EB White tersebut. Sungguh saya ngga langsung ngerti apa yang dimaksud olehnya dengan menggabung 'obscure' dan 'clearly'. Dimana kedua kata berlawanan arti.

Indahnya hidup di era internet..larilah saya ke mesin pinter Google. Berguru instan ke seluruh penjuru dunia. Senggol dan intip sana-sini buat ngertiin apa yang EB White maksud. Untuk merubah status dari 'kurang tahu' jadi 'sedikit tambah tahu'. Beruntunglah kita! ;)

Hasilnya, Goodreads punya beberapa kutipan beliau, bagus-bagus! Tapi sejauh ini yang saya temukan paling menjelaskan adalah sebuah situs yang ngga ada kaitannya langsung dengan menulis, Ada punching line yang cukup mengangkat kepala saya dari permukaan air saat mereka bahas kutipan EB White tersebut, yaitu:

"Don’t let your medium get in the way of your ideas.
You’ve got big, complex ideas… great!
Just don’t let those ideas go unnoticed by fumbling the presentation."

Dari situ bikin saya tergerak..dan terinspirasi. Karena jadi ingat kesulitan saya dalam berkomunikasi adalah, menyingkat omongan dan tulisan! lol.. Tapi, saya percaya semua ada prosesnya. Ibaratnya seperti totok tubuh dan wajah, ada titik titik dimana 'totokan' perlu dilakukan untuk buka sumbatan masalah. 
Syaratnya ya kita perlu rajin lakukan totok itu, alias rajin praktek menulis dan membaca kreatif dalam konteks ini. Diluar itu, tetap dikesempatan lain saya masih akan coba pelajari lagi apa maksud kutipan itu.

Lega dan puas rasanya, langkah menulis hari ini udah buka beberapa sumbatan pengetahuan. Ok, lebih baik saya berhenti disini. Be obscure clearly! :D

Tidak ada komentar: